DomaiNesia

Kamis, 30 Juli 2020

Racun Yang Terdapat Dalam Uang Kertas

Penyimpanan struk belanja bersamaan dengan uang kertas di dompet atau kantong telah menjadikan uang kertas di seluruh dunia terkontaminasi bahan beracun BPA (Bisphenol-A). Jumlah kandungan BPA tertinggi didapatkan pada duit kertas Brasil dan paling rendah Filipina.
BPA adalah bahan yang sangat beracun bagi tubuh yang bisa menghancurkan otak, saraf dan menjadikan beberapa penyakit seperti jantung, kanker dan impotensi pada pria. BPA juga mampu mengganggu endokrin, yang memiliki arti menjiplak hormon seks estrogen.

Gambar Uang Kertas di Seluruh Dunia Mengandung Racun BPA sciencedaily saraf Pria penyakit menggandakan kuliner Jantung impotensi endokrin botol plastik duit kertas dlm1 Kini studi gres menemukan bahwa zat beracun yang banyak ditemukan pada beberapa botol plastik, kertas struk, peralatan olahraga, elektro rumah dan produk yang lain itu, juga terdapat pada uang kertas yang sangat biasa digunakan orang untuk proses perdagangan.

Dalam studi gres ini, para ilmuwan mempelajari 156 uang kertas dari 21 negara dan memperoleh bahwa semua uang kertas tersebut mengandung paparan BPA, mirip dilansir Sciencedaily, Kamis (11/8/2011).

Hasil studi memberikan bahwa tingkat BPA tertinggi didapatkan pada duit kertas yang berasal dari Brasil, Republik Ceko dan Australia. Sedangkan yang terendah terdapat pada duit kertas dari Filipina, Thailand, dan Vietnam. Uang kertas dari Amerika Serikat berada pada level rata-rata.

Peneliti memperoleh sumber BPA pada duit kertas paling mungkin berasal dari kertas termal yang biasanya digunakan untuk kertas struk di kasir. Racun BPA bisa berpindah saat kasir menyimpannya di bersahabat uang atau menjamah kertas termal sebelum memegang uang kertas.

“Meskipun tingkat tinggi BPA terukur pada duit kertas, namun penyerapan eksposur melalui kulit tampaknya kecil,” jelas peneliti.

Namun peneliti menyarankan supaya konsumen swalayan atau orang yang memegang uang kertas selalu mencuci tangannya sehabis berbelanja dan hindari memegang masakan pribadi dari tangan.

Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Environmental Science & Technology.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkembangan Logo-Logo Tv Swasta Dari Tahun Ke Tahun

Masa 90an itu emang banyak kenangannya men. Membahas kala 90an emang mengasyikkan, tetapi juga mengharukan. Karena kita mengenang periode k...